Blog ini kAlo diIbarat telOr, gOlongan teloR orak-aRiklah...
Yang G jelas karuan Putih Mana kuning...
Tapi TEteup enak rasanya...
Seperti bLog inI..
BiAr G jelas bentuk n tampilannya,
yang penting banyak Ilmunya...

(^_^)V

Met berkunjung..... jangan Lupa Dikomen ya...
Makasih... semoga bermanFaat.... Bagi saya maupun anDa....

Senin, 04 April 2011

Klinik Tanaman Part I

Klinik tanaman merupakan suatu tempat yang berhubungan dengan hama dan penyakit tanaman ataupun pengganggu tanaman lainnya. Selain itu klinik tanaman dapat juga dijadikan sebagai sarana menyebar informasi-informasi dibidang pertanian terutama pengendalian hama dan penyakitnya.
Fungsi klinik sendiri diantaranya :
1. Menyebarkan teknologi pengendalian hama penyakit terpadu kepada petani dan instansi lain yang berkaitan dengan bidang pertanian
2. Wadah bagi staf pengajar dan mahasiswa untuk menangani permassalahan hama dan penyakit dilapangan
3. Sebagai wadah mekanisme respon bagi masyarakat yang dialami petani

Syarat untuk mendirikan klinik tanaman sendiri seharusnya klinik yang dibangun berada dalam naungan instansi yang sah, selain itu yang tidak kalah pentingnya, suatu klinik tanaman harus mempunyai struktur organisasi yang jelas agar klinik tanaman dapat berjalan denganlancar selain hal tersebut seharusnya dalam sebuah klinik tanaman hubungan silahturahmi akan terjalin dengan erat karena adanya interaksi antara mahasiswa dengan dosen. Untuk persyaratan infrastruktur suatu klinik tanaman harus mempunyai peralatan yang mendukung contohnya mikroskop, cawan petri, alkohol, kertas label, pena, media biakan, autoclave bahkan laminar untuk isolasi.
Pada Klinik tanaman dosen berperan sebagai ahli hama maupun penyakit dan mahasiswa berperan sebagai pembantu dosen dalam melanyani masyarakat yang sedang mengalami permasalahan pada tanamannya. Saat melayani masyarakat luas saat itulah mahasiswa mendapat pengetahuan yang lebih mengenai kasus-kasus yang terjadi dilapangan, sehingga mahasiswa bisa memberi diagnosa sementara sebelum proses identifikasi sampel dilakukan dan dikonsultasikan pada dosen. Pada saat seperti inilah mahasiswa akan lebih pahan bagaimana memberikan rekomendasi pengendalian kepada klien, terutama petani. Dengan adanya klinik tanaman mahasiswa dapat memutuskan untuk menentukan penjurusan yang akan ditekuninya pada bidang hama atau pada bidang penyakit tanaman. Selain pengetahuan yang di dapat, diklinik tanaman juga dapat berfungsi sebagai wadah pemasaran produk-produk pertanian yang dikeluarkan oleh suatu instansi seperti yang dilakukan di klinik tanaman jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Universitas Sriwijaya yang menjual berbagai macam produk-produk organik seperti biopestisida berbahan aktiv dari jamur entomopatogen sampai bakteri antagonis.
Proses uji sampel dimulai dengan mengambil sampel dilapangan langsung ataupun sampel yang sudah dibawa oleh petani/klien yang bersangkutan, sampel tersebut diberi label yang berisikan berbagai keterangan mengenai tanaman tersebut, mulai dari gejala serangan hingga umur tanaman bahkan jarak tanam tanaman tersebut. Setelah pemberian label tentu saja klinik tanaman akan memberikan biaya konsultasi pada klien, biaya ini biasanya disesuaikan dengan tingkat strata klien di masyarakat dan banyak keluhan dari klien tersebut.
Untuk sampel hama biasanya bagian tanaman yang terserang yang dapat dijadikan sampel, sedangkan untuk penyakit biasanya selain bagian yang terserang, dibutuhkan waktu yang lebih lama karena dibutuhkan identifikasi dari gejala tersebut untuk mengetahui penyebab tiumbulnya penyakit. Proses ini dimulai dari isolasi, reisolasi kemudian pemurnian baru dilanjutkan ke tahapan identifikasi dengan menggunakan mikroskop agar dapat memastikan penyebab sebenarnya yang terjadi sehingga dapat direkomendasikan pengendalian yang harus dilakukan.

2 komentar:

  1. Cukup baik, akan lebih baik kalau ditambah sumber pustaka yang lain jadi tidak hanya resume bahan kuliah. Tugas 2 mana?. Silakan isi blognya dengan info2 yang berhubungan erat dengan klinik. ok

    BalasHapus
  2. hehehe.... tugas 2 lagi dalam proses bu... siip bu!!! :)

    BalasHapus